Pertamina Berencana Akan Hentikan Penjualan Pertalite Mulai 2024

Pertamina Berencana Akan Hentikan Penjualan Pertalite Mulai 2024

Foto: Ilustrasi --

RADARMETRO- PT Pertamina (Persero) berencana akan memberhentikan penjualan bahan bakar minyak (BBM) RON 90 alias Pertalite mulai tahun depan. Sebagai gantinya Pertamina akan memasarkan BBM anyar bernama Pertamax Green 92.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR pada Rabu, (30/8/2023).

Ia mengatakan rencana tersebut merupakan bagian dari Program Langit Biru yang telah dijalankan secara bertahap sejak dua tahun lalu.

Tahap pertama adalah menghapus keberadaan BBM RON 88 atau Premium yang telah digantikan dengan Pertalite yang memiliki Oktan 90.

"Program pertama menaikkan BBM subsidi dari RON 88 menjadi RON 90. Ini kita lanjutkan sesuai dengan rencana Program Langit Biru tahap dua, di mana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 ke RON 92," ujarnya.

Nicke menuturkan langkah ini sejalan dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang.

BACA JUGA:Pesisir Barat Lampung Diguncang Gempa Magnitudo 5.0, Tidak Berpotensi Tsunami

Dalam aturan itu BBM yang diperbolehkan beredar minimal RON 91.

“Jadi (penghapusan Pertalite) itu sudah sangat pas, dari aspek lingkungan dan mandatori bioetanol bisa kita penuhi. Selain itu juga dapat menurunkan impor gasoline,” ujar Nicke.  

Untuk itu, Nicke mengatakan mulai tahun 2024 Pertamina hanya akan menjual tiga jenis produk bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan bermesin bensin.

"Jadi tahun depan hanya akan ada tiga produk gasoline (bensin). Ada dua green gasoline yang jadi produk baru dari Pertamina," jelasnya.

Tiga BBM yang dimaksud ialah Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo. Pertamax green 92 merupakan pengganti pertalite yang bahannya merupakan campuran antara RON 90 (pertalite) dengan 7 persen bioetanol (E7) sehingga RON-nya naik dari 90 menjadi 92.

BACA JUGA:Kasus Pertama di Dunia, Cacing Hidup di Otak Manusia

Pertamax Green 95 adalah campuran antara pertamax beroktan 92 dengan 8 persen bioetanol. Sedangkan Pertamax Turbo memiliki RON tertinggi yakni 98.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: