Pesisir Barat Lampung Diguncang Gempa Magnitudo 5.0, Tidak Berpotensi Tsunami

Pesisir Barat Lampung Diguncang Gempa Magnitudo 5.0, Tidak Berpotensi Tsunami

Foto: Gempa bumi M 5.0 di Pesisir Barat Lampung, Rabu (30/8/2023), tidak berpotensi tsunami.-(Istimewa)-

RADARMETRO- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,0 pada Rabu 30 Agustus 2023, pukul 09.17 WIB di barat daya wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Menurut keterangan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan episenter atau pusat  gempa bumi terletak pada koordinat 5,88° LS ; 103,98° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 Km arah Barat Daya Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 16 km.

Berdasarkan analisis ia mengatakan gempa tersebut jenis gempa bumi dangkal yang dipicu sesar aktif dasar laut dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip). Dia juga menjelaskan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BACA JUGA:Soal Penangkapan Anggotanya, Jose : Serahkan Proses Hukum ke Kepolisian, Sanksi Tunggu BKPSDM

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/2023).

Dampak gempa bumi ini dirasakan hingga daerah Liwa dengan skala intensitas II MMI, yang artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga pukul 09.45 WIB atau setengah jam setelah getaran pertama terasa, tercatat hanya satu kali terjadi gempa susulan atau aftershock. 

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Meski begitu untuk mencegah hal yang tak diinginkan masyarakat diminta tetap waspada dan menghindari bangunan yang retak ataupun rusak akibat gempa.

BACA JUGA:Sadis! Pengakuan Korban Lain Komplotan Praka RM, Diculik Siang Hari Lalu Dicambuk Hingga Disetrum

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: