Terapkan P5 Kurikulum Merdeka, Siswa SMA Yos Ciptakan Pupuk Kompos

Terapkan P5 Kurikulum Merdeka, Siswa SMA Yos Ciptakan Pupuk Kompos

Foto: Terlihat siswa SMA Yos Sudarso Metro saat melakukan praktik pembuatan pupuk kompos padat dan cair dengan didampingi Pakar Biologi UM Metro Dr Agus Sutanto dan Dr Hening Widowati.-(MH Naim)-

"Hasilnya pupuk ini tentunya nanti akan kita terapkan ya di lingkungan kita, nanti mungkin juga sewaktu gelar karya pupuk ini kami pamerkan sebagai salah satu produknya," tandasnya.

Selain pembuatan pupuk organik, ratusan pelajar juga diarahkan untuk melakukan eksperimen penanaman berbagai sayuran dengan menggunakan produk pupuk ciptaan mereka.

Kemudian secara berkala akan dipantau tumbuh kembang tanaman yang diberikan pupuk khusus tersebut untuk memastikan keberhasilan dalam projek P5 Kurikulum Merdeka SMA Yos Sudarso Metro.

Di sisi lain, Pakar Biologi UM Metro Dr Agus Sutanto mengatakan kandungan dalam pupuk organik alias kompos dapat memperbaiki struktur tanah dengan meningkatkan unsur organis.

Menurutnya pembuatan pupuk kompos juga tergolong mudah. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga bisa ditemukan dalam keseharian manusia, seperti dedaunan, sayuran, maupun kotoran hewan.

"Tentu sangat hemat biaya sekaligus dapat mengurangi sampah rumah tangga," tandasnya.

BACA JUGA:Tim PPK Ormawa Himmat UM Metro Lakukan Pendampingan Pembuatan Alat Penyiraman Digital

Agus juga mengapresiasi SMA Yos Sudarso Metro yang dianggapnya sukses dalam menerapkan P5 Kurikulum Merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: