Keren... SDN 11 Metro Pusat Lampung Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional dari KLHK RI, Ternyata ini Alasannya!

Keren... SDN 11 Metro Pusat Lampung Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional dari KLHK RI, Ternyata ini Alasannya!

Foto : Kepala SDN 11 Metro Pusat, Lampung menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dari Menteri KLH RI.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Metro, Provinsi Lampung. Kali ini penghargaan diperoleh atas keberhasilan Kota Metro dalam melaksanakan gerakan peduli dan ber budidaya lingkungan hidup di sekolah

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kepala Sekolah SDN 11 Metro Pusat, Yuliana, oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya. 

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala SDM 11 didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro, Ardah, di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta, pada Selasa 17 Oktober 2023 lalu. 

Penghargaan yang diterima SD 11 Metro Barat juga menjadi bukti atas dan komitmen sekolah dalam mengintegrasikan pendidikan berkelanjutan. Kemudian juga pelestarian lingkungan ke dalam kurikulum di SDN 11 Kota Metro. 

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya, mengapresiasi upaya sekolah dalam melestarikan lingkungan. Kemudian memberikan pendidikan yang berkelanjutan di sekolah. 

Ia menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri. Sementara penghargaan Adiwiyata Nasional diberikan kepada 417 sekolah. 

BACA JUGA:Daftar 45 Madrasah Penerimaan Penghargaan Adiwiyata 2023

"Penghargaan Adiwiyata ini merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup, khususnya pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK," jelasnya. 

Menurutnya, penghargaan tersebut juga diberikan atas komitmen sekolah dalam melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata. 

"Program ini juga menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia," ungkapnya.

Ia mengatakan, perilaku ramah lingkungan hidup dalam rangka GPBLHS akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. 

"Sehingga dengan upaya ini juga dapat mewujudkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat," tuturnya. 

Sementara itu, Yuliana, mengungkapkan  rasa syukurnya atas diraihnya penghargaan tersebut.

BACA JUGA:UM Metro Bangun Gedung Baru untuk Fakultas Ilmu Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: