Kejaksaan Tahan 4 Tersangka Korupsi Bimtek Kades Lampung Utara

Kejaksaan Tahan 4 Tersangka Korupsi Bimtek Kades Lampung Utara

Foto: Para tersangka dugaan kasus korupsi bimtek kepala kampung digelandang jaksa.-(Istimewa)-

RADARMETRO, LAMPUNG UTARA - Kejaksaan Negeri LAMPUNG UTARA melakukan penahanan terhadap empat orang tersangka terduga tindak pidana korupsi atau gratifikasi dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) terhadap 202 kepala desa di LAMPUNG UTARA tahun 2022, Senin (23/10/2023) sekira pukul 17:50 WIB. 

Penahanan tersebut dilakukan setelah sebelumnya di hari yang sama sekira pukul 11:45 WIB, tim penyidik Subdit III Tipidkor Ditkrimum Polda Lampung menyerahkan berkas perkara bimtek kepala desa kepada Kejaksaan Negeri Lampung Utara 

Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara Mohamad Farid Rumdana melalui Kasi Intelejen Guntoro Janjang Saptodie menjelaskan, keempat tersangka dalam dugaan kasus tersebut masing-masing berinisial AB selaku Kepala Dinas PMDT, IA selaku mantan Kabid PMD, NG selaku Kasi Pengembangan dan Peningkatan Desa di Dinas PMDT Lampung Utara, dan NF selaku pelaksana kegiatan dari lembaga pengembangan potensi dan inovasi desa.

BACA JUGA:Sekda Bantah Terima Uang dan Terlibat Pemerasan Perkara Bimtek Kepala Desa di Lampura


Foto: Kejaksaan Tahan Empat Tersangka Korupsi Bimtek Kades Lampung Utara-(Istimewa)-

Menurut Guntoro Janjang Saptodie, setelahditeliti oleh tim jaksa peneliti jaksa penuntut umum atau JPU Kejaksaan Negeri Lampung Utara sejak pukul 12.30 WIB hingga jam menunjukan pukul 17.50 WIB, dan berdasarkan hasil uji materi, JPU melakukan penahanan terhadap empat orang tersangka dalam dugaan kasus bimtek tersebut. 

Keempat orang tersangka itu dilakukan penahanan selama 20 hari kedepan dan keempat orang tersebut ditahan di Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas IIB Kotabumi. 

"Secepatnya berkas perkara ini akan kita limpahkan ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Bandarlampung," ucapnya. 

Terkait adanya pengakuan dari tersangka AB 

yang menyatakan BAP dirinya ada intervensi dari aparat kepolisian, Guntoro Janjang menjelaskan, ketika hal itu ada dan terungkap pada fakta persidangan maka pihaknya akan menunggu petunjuk dari pimpinan terkait bagaimana sikap kejaksaan.

"Tapi itu kita ungkap dulu di persidangan," papar Guntoro. 

BACA JUGA:Breaking News, Kadis DPMDT Buka Bukaan Dikriminalisasi dan Diperas Oknum Polres Lampura

Sebelumnya, Gindha Ansori Wayka bersama tim hukum dari Kantor Gindha Ansori Wayka ketika memenuhi panggilan Polda Lampung untuk pelimpahan tahap dua, keempat orang tersangka itu, meminta Polda Lampung untuk menghentikan penyelidikan kasus tersebut karena diduga dalam perkara itu ada rekayasa dan kriminalisasi, dan diduga ada unsur pemerasan. 

Untuk itu Gindha Ansori Wayka meminta Polda Lampung untuk menghentikan perkara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: