Lokakarya Penguatan Literasi Sekolah Gandeng Narasumber Dosen UM Metro dan IAIN Metro

Lokakarya Penguatan Literasi Sekolah Gandeng Narasumber Dosen UM Metro dan IAIN Metro

Foto: Kegiatan lokakarya yang mengundang UM Metro sebagai salah satu narasumber.-(Fenny)-

RADARMETRO - Selasa (6/02/2024), telah dilaksanakan Lokakarya Penguatan Literasi Sekolah Penggerak Angkatan 1 di aula SKB Kota Metro

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung, sejumlah kepala sekolah, Guru, dan pengawas dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk SD Cahaya Bangsa Metro, SD Wahdatul Ummah, SLB Harapan Ibu, SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan, SMP N 4 Metro, SMAN Olahraga Metro, SMAN 6 Metro, dan SMA Kristen 1 Metro.

Fenny Thresia, M.Pd., seorang dosen Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Muhammadiyah Metro, menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Ia menyampaikan capaian penting dari lokakarya ini, antara lain: Pemahaman Konsep Literasi, diharapkan peserta mampu memahami konsep literasi secara menyeluruh.

Mengenali Miskonsepsi Literasi yang bertujuan agar peserta dapat mengenali miskonsepsi yang mungkin timbul terkait literasi.

BACA JUGA:Dukung Program International Internhsip 2024, UM Metro Lepas 4 Mahasiswa Terbang ke Thailand

Lalu Merancang Asesmen Awal Pembelajaran, agar peserta mampu merancang asesmen awal untuk memetakan kemampuan literasi siswa.

Ada lagi Strategi Sekolah untuk Kecakapan Literasi supaya peserta dapat merancang strategi sekolah guna menguatkan kecakapan literasi murid.

Kemudian Kerjasama dalam Program Literasi Sekolah agar peserta mampu bekerjasama dalam merancang program literasi sekolah.

Fenny Thresia juga menyoroti beberapa hal penting terkait literasi di Indonesia, termasuk kesadaran akan pentingnya kemajuan dan masa depan bangsa. 

Menurutnya, literasi tinggi adalah faktor utama yang mendukung kemajuan suatu bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, Wardani, M.Pd., dosen Pendidikan IPS dari IAIN Metro, menekankan bahwa kemampuan literasi tidak hanya dibutuhkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Literasi juga perlu ditingkatkan di mata pelajaran lain seperti Matematika, Ilmu Seni, Ilmu Sosial, dan lainnya. Penggunaan strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai literasi dan numerasi peserta didik merupakan bagian integral dari kompetensi guru.

BACA JUGA:Kegiatan Mahasiswa Kelompok 103 KKN-PPM ITERA di SDN 1 Bandar Sakti Lampung Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: