Kegiatan Mahasiswa Kelompok 103 KKN-PPM ITERA di SDN 1 Bandar Sakti Lampung Tengah

Kegiatan Mahasiswa Kelompok 103 KKN-PPM ITERA di SDN 1 Bandar Sakti Lampung Tengah

Foto: Bersama Pasca Kegiatan di SDN 1 Bandar Sakti (12/01/2024)-(Hermansyah Albantani)-

RADARMETROKKN-PPM Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Periode ke-12

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengabdian kepada masayarakat sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan ini, kelompok 103 KKN-PPM ITERA ditempatkan di Desa Bandar Sakti, Terusan Nunyai, Lampung Tengah.

Isu stunting di Indonesia adalah salah satu permasalahan yang menjadi isu nasional. Oleh karena itu dilakukan beberapa kegiatan di SDN 1 Bandar Sakti selama lima hari.

Kegiatan pertama, Mahasiswa Kelompok 103 KKN-PPM mengadakan sosialisasi stunting yang disertai dengan program bawa bekal dan makan bersama disaat jam istirahat pada seluruh siswa/i SDN 1 Bandar Sakti. program bawa bekal ini dilakukan bertujuan meningkatkan konsumsi makanan bergizi.

Tidak hanya makanan bergizi, dilakukan juga sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat membantu mencegah stunting. Seperti cara cuci tangan yang benar, istirahat yang cukup, olah raga, makan – makanan bergizi, dan lainnya. 

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Itera Bahas Carbon For Climate Change Learning For High School

Untuk melihat rata – rata status gizi anak, dilakukan juga pengukuran berat badan dan tinggi badan dengan sasaran murid kelas 1 untuk dilakukan perhitungan terkait status gizi pada tiap murid. 

Dengan memastikan gizi yang cukup dan lingkungan yang bersih, dapat menjaga kesehatan anak-anak dan mencegah masalah pertumbuhan yang dapat berdampak jangka panjang.

“Harapannya, kegiatan yang dilakukan dapat bermanfaat bagi anak – anak dan dapat meningkatkan antusias belajar setelah menerapkan PHBS” Ujar Reza Vidanjaya selaku ketua Kelompok 103 KKN-PPM ITERA.

Kegiatan kedua, Mahasiswa Kelompok 103 KKN-PPM Institut Teknologi Sumatera Periode ke-12 mengadakan kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk kompos dan Pupuk Organik Cair (POC) yang didemonstrasikan agar siswa/i mengetahui tentang manfaat dan cara pembuatan pupuk kompos dan POC.

Bukan hanya POC, diadakan juga sosialisasi pembuatan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) yang didemonstrasikan agar anak-anak mengetahui tentang manfaat, cara pembuatan dan pengaplikasian ZPT pada tanaman yang dilakukan secara langsung.

Kegiatan tambahan yaitu melakukan pembuatan taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang dilakukan secara bersama oleh mahasiswa KKN dan siswa/i kelas 6 dihalaman depan kelas.

BACA JUGA:Tim Basket Putra SMA Yos Sudarso Metro Juara 1 di Ajang SMANPAT Championship

Tak hanya mahasiswa, guru-guru SDN 1 Bandar Sakti turut andil pada kegiatan ini. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di SDN 1 Bandar Sakti dapat berjalan lancar dan berhasil menarik perhatian dan antusias siswa/i.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: