Kesbangpol Kunjungi PWI Lampura untuk Verifikasi Kantor

Kesbangpol Kunjungi PWI Lampura untuk Verifikasi Kantor

Foto: Kesbangpol Kunjungi PWI Lampura untuk Verifikasi Kantor-(Iwan)-

RADARMETRO - Dalam rangka melakukan verifikasi keberadaan kantor, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyambangi Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Utara, Selasa (6/2/2024).

Dalam kunjungannya Kesbangpol Lampung Utara, mendata dan menginventarisir kelengkapan alat kantor. Mulai dari keberadaan kantor, struktur kepengurusan, ruang kerja, dan kelengkapan alat.

Kepala Bidang Ketahanan Sosial Ekonomi Agama Budaya dan Ormas (Ekososbud), didampingi Kasubid Ormas Yulinda Natalia mengatakan, kedatangan pihaknya untuk mengecek lokasi dan keberadaan kantor.

"Kami mewanti-wanti jangan sampai BPK meninjau. Sementara keberadaan kantornya sendiri tidak jelas dan kurang lengkap," ujar Sunandar.

Ke depannya untuk penerbitan Surat Keterangan Keberadaan (SKK) ormas-ormas harus mengajukan  proposal. Setelahnya Kesbangpol akan melakukan pemeriksaan ulang.

BACA JUGA:Kapolres Lampung Utara Resmikan TPA Al-Muttaqim

"Terbitnya SKK yang sudah-sudah hanya terbit-terbit saja, tanpa ada pemeriksaan ulang dan mengecek ke lokasi kantor ormas," kata Sunandar.

Menurut Sunandar, sebelum terbitnya SKK, kesbangpol akan turun mengkroscek kelengkapan dan kebenaran kantornya. Jika tidak lengkap kesbangpol tidak akan menerbitkan SKK-nya.

"Setelah ormas-ormas melengkapi permohonan proposal, kami akan mengkroscek ulang. Setelah lengkap baru nanti kesbangpol menerbitkan SK," kata Sunandar.

Dari hasil kunjungan Kesbangpol ke PWI Lampung Utara, dinyatakan PWI setempat sudah memiliki kantor yang jelas keberadaannya, struktur organisasinya ada, begitu juga dengan plang nama. 

"PWI sendiri sudah memenuhi kriteria," tutup Sunandar.

BACA JUGA:Asyik Nyabu, 3 Warga Lampung Utara Diamankan Polisi

Sementara itu Ketua PWI Lampung Utara, M. Rozi Ardiyansah, mengapresiasi kunjungan Kesbangpol ke kantor PWI. Ini merupakan salah satu langkah verifikasi dari kesbangpol dalam mengantisipasi kelayakan dana yang akan disalurkan ke organisasi, salah satunya adalah PWI.

"Ini adalah langkah baik dan mudah-mudahan kedepannya Kesbangpol makin intensif memverifikasi organisasi kewartawanan," tegas Rozi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: