Rino Panduwinata Terpilih Secara Aklamasi, Ini Struktur Baru PWI Metro!

Rino Panduwinata Terpilih Secara Aklamasi, Ini Struktur Baru PWI Metro!

Foto : Rino Panduwinata kembali terpilih secara aklamasi menahkodai PWI Kota Metro periode 2024-2027.-(Ria Riski A.P)-

"PWI adalah konstituan dewan pers, maka bagi PWI adalah wajib. Siapapun yang ingin menjadi anggota biasa PWI, dia harus ikut uji kompetensi," tegasnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan bahwa uji kompetensi wartawan adalah profesi dan erat kaitannya dengan kompetensi. 

"Karena narasumber akan yakin kepada kita, bahwa kompetensi kita adalah wartawan yang memiliki sertifikat kompetensi," ungkapnya.

Sementara itu, selain profesionalitas wartawan, kode etik bagi anggota PWI juga harus dijunjung tinggi. Oleh karena itu, ia meminta seluruh anggota PWI Metro dapat menjalankan kode etik.

"Semua profesi itu adalah pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan itu adalah profesi. Profesi itu berkaitan erat dengan adanya kode etik, bagi kita kode etik itu dibuat supaya kita tidak arogan," ujarnya. 

Wirahadikusumah juga mengemukakan bahwa posisi PWI merupakan konsituen dewan pers. Karena itu, setiap wartawan yang akan menjadi anggota biasa diwajibkan mengikuti UKW.

"Kita wartawan sebagai profesi harus punya kompetensi. Kompetensinya itu diuji dan sudah ditetapkan oleh dewan pers," ujarnya lagi. 

"Sementara dewan pers itu adalah lembaga negara yang dibentuk melalui Keputusan Presiden," paparnya.

Ia menambahkan, PWI yang sebagai salah satu konstituen dewan pers juga mengikuti aturan yang sudah diberlakukan oleh dewan pers.

"Maka UKW di PWI wajib hukumnya. Tidak bisa menjadi anggota biasa PWI, kalau dia tidak ikut uji kompetensi," tukasnya.

Walikota Metro, Wahdi yang hadir dan membuka kegiatan mengapresiasi gelaran Konferkot VII PWI Kota Metro. Ia menyebut hadirnya PWI sebagai pilar ke-4 demokrasi mampu memberi warna bagi Kota Metro.

"Yang pertama PWI adalah merupakan empat pilar demokrasi, empat pilar pembangunan. Maka empat pilar itu yang menyangga lebih kokoh," bebernya.

Tak hanya itu, tambah Wahdi bahwa  pembangunan di Metro dapat berjalan dengan baik berkat keterlibatan insan pers.

"Tidak mungkin pembangunan akan berjalan kalau tidak ada koreksi dan kontrol sosial, itu peran media. Media juga berperan dalam memberitakan sesuatu yang positif," pungkasnya. 

Berikut struktur baru kepengurusan PWI Kota Metro periode 2024-2027 : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: