Warga Terdampak di TPAS Karangrejo Diberikan Beberapa Fasilitas, Cek ini Pelayanannya!

Warga Terdampak di TPAS Karangrejo Diberikan Beberapa Fasilitas, Cek ini Pelayanannya!

Foto : Kepala Kepala Puskesmas Karangrejo, Amrina dikonfiemasi awak media.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro berkomitmen untuk memberikan perhatian bagi warga yang terdampak di lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Karangrejo, Kecamatan Metro Utara.

Adapun sejumlah fasilitas akan diberikan mulai dari bantuan sosial hingga pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak di lingkungan TPAS setempat.

Kepala Kepala Puskesmas Karangrejo, Amrina mengatakan, untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pihaknya aktif melaksanakan program Home Care (Perawatan di Rumah).

"Pelayanan kesehatan ini bagi berikan dari rumah ke rumah. Dibantu kader PKK dan petugas Puskesmas kami mengunjungi rumah warga yang sakit," ungkapnya.

Selain warga yang sakit, kata dia, kunjungan juga dilakukan bagi ibu hamil, balita dan lansia. Dalam kunjungan tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan serta memantau gizi para ibu hamil.

"Tujuannya untuk menekan angka stunting. Kita juga rutin memantau Posyandu dan Pospindu. Selain itu untuk program home care setiap bulan kurang lebih ada 80 warga yang mendapat pelayanan," jelasnya.

BACA JUGA:Pelaku Pembuang Sampah Sembarangan, Bisa Dilaporkan Di sini, Cek Nomornya!

Tidak hanya itu, lanjutnya, pelayanan masyarakat yang terdampak juga dilakukan dengan memberikan bantuan multivitamin kepada 522 kepala keluarga (KK) di sekitar TPAS Karangrejo.

"Untuk pemberian multivitamin, sasaranya warga yang terdampak dari TPAS itu. Nah multivitamin ini kita berikan tiga bulan sekali," katanya. 

Menurutnya, warga yang terdampak di TPAS tersebut juga mendapat layanan khusus. Di mana setiap warga yang sakit dengan menggunakan BPJS Kesehatan Kelas III, bisa naik ke kelas II tanpa dikenakan biaya.

"Pelayanan ini khusus diberikan untuk warga yang terdampak ya, dari kelas III bisa naik kelas II gratis. Karena pelayanan ditanggung dana CSR," paparnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan bahwa , pelayanan kesehatan bagi warga yang sakit dilakukan oleh tim dokter, perawat dan bidan khusus. 

"Alhamdulillah kita selalu di support Pak Wali Kota dan Bu Wali, dalam bentuk home care bersama beliau," pungkasnya.

Terpisah, Warino warga setempat mengakui bahwa program home care  rutin dilaksanakan Puskesmas Karangrejo bersama kader PKK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: