Waspada Penyebaran DBD, Ini Langkah Pemkot Metro!

Waspada Penyebaran DBD, Ini Langkah Pemkot Metro!

Foto : Warga di wilayah Kecamatan Metro Barat melaksanakan program Geliat dalan upaya pencegahan Penyakit DBD di Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro mengingatkan masyarakat bersama-sama melakukan pencegahan terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Langkah tersebut dilakukan dengan melaksanakan Gerakan Lingkungan Bersih Sehat (Geliat) di Kota Metro, Jumat (17/5/2024).

Demikian disampaikan Asisten Wali Kota Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Supriyadi saat meninjau pelaksanaan Geliat di wilayah Kecamatan Metro Barat. 

Dalam kesempatan tersebut ia mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya. Ini terutama pamong untuk menggerakan warganya melaksanakan Geliat. 

"Kepada RT, RW dan masyarakat kami mengimbau agar memperhatikan lingkungannya. Ini terutama tempat air yang tergenang," ungkapnya. 

Menurutnya, genangan air di lingkungan masyarakat menjadi sarana bagi nyamuk berkembang biak. Biasanya nyamuk akan menetaskan telurnya pada genangan air

BACA JUGA:Segera Berkahir, Metro Susun KLHS RPJMD dan RPJMD 2025-2045

"Tolong perhatikan setiap genangan air di lingkungan sekitar. Jangan sampai ada sarana bagi nyamuk untuk berkembang biak," ujarnya. 

Ia mengemukakan, bahwa program Geliat tersebut juga digalakkan Walikota  untuk membudayakan masyarakat menerapkan pola hidup bersih dalam sehari-hari. 

Terlebih diaikuinya bahwa angka penyakit DBD di Kota Metro semakin naik. Sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi sehingga tidak menyebar.

"Memang secara nasional angka kasus DBD ini terus mengalami peningkatan. Saya juga telah mengecek ke beberapa rumah sakit yang ada disini memang naik," katanya.

Karenanya ia mengimbau kepada masyarakat jika mengalami gejala seperti demam agar segera berobat ke puskesmas terdekat. 

"Karena penyakit ini bukan sekedar sakit, tetapi sampai menelan korban jiwa," tukasnya.

Sementara itu, Lurah Ganjar Asri Kharisma Zarkasi Rusyadi Saputra menjelaskan, program Geliat tersebut dilaksanakan di seluruh lingkungan mssyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: