Tekad Tingkatkan Kesejahteraan, Hanif Inisiasi KPM Berdikari

Tekad Tingkatkan Kesejahteraan, Hanif Inisiasi KPM Berdikari

Foto: penanaman sayuran -(Soe)-

RADARMETRO.DISWAY.ID - Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan tidak hanya sekadar memberikan bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tapi juga diharapkan dapat menjadi stimulan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota.

Pemberdayaan Petani Sayur Sejahtera (PSS) KPM PKH yang berada di RW 02 Kelurahan Karangrejo ini inisiatif dari Hanif Mutiara, salah satu pendamping PKH, berupa program penanaman sayuran dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang sudah berjalan sejak awal tahun 2024.

Program ini bermodal dari kas yang dimiliki oleh kelompok dan hasilnya akan dibagikan kepada anggota secara berkala.

"Alhamdulillah, sementara menanam sayuran hijau yakni kangkung, saicin, loncang, seledri, cabai, tomat, kembang kol, dll. Sampai saat ini, sudah hampir 1000 ikat kangkung yang terjual.

Kami berharap terus berkembang, produk masuk supermarket, menjadi produktif dan ibu-ibu mengundurkan diri secara sukarela dari anggota KPM PKH karena sudah sejahtera," harapnya.

Erwin, Lurah Karangrejo, turut mengapresiasi program tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi upaya pemberdayaan KPM PKH. Tidak hanya mengandalkan pertemuan rutin bulanan P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) yang dibina.

BACA JUGA:Manfaatkan Lahan Kosong, DKP3 Bagikan 1.200 Bibit Cabai dan Terong Gratis ke Masyarakat Metro!

Sesuai potensi ekonomi, sudah banyak warga yang mendapatkan manfaat  budidaya sayuran di lahan pekarangan rumah. Kegiatan tersebut juga melibatkan PPL Pertanian setempat pada pertemuan pembinaan dan pendampingan.

Saya berharap kegiatan pemberdayaan petani sayuran yg dilakukan bisa semakin meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan anggota KPM PKH, sehingga pada saatnya mereka akan siap digraduasi sebagi KPM PKH untuk dialihkan ke anggota masyarakat lainnya yg belum ter-cover program tersebut, sebagai upaya pemerataan jangkauan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan."

Sukma, Kabid Linjamsos Dinsos Metro apresiasi pendamping PKH yang inisiatif.

"Saya sampaikan apresiasi mendalam pada pendamping PKH yang melakukan gerakan pemberdayaan kepada KPM binaannya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan KPM, baik segi ekonomi, pendidikan, kesehatan dll.

Untuk itu kami selaku pelaksana PKH daerah selalu menekankan pendamping PKH agar berkolaborasi dengan lintas sektor, dan memediasi pendamping PKH dengan lintas sektor terkait, seperti Dinas UMKM, Ketahanan Pangan dll sebagai wujud kerja sama upaya memandirikan KPM menuju KPM mandiri yang sejahtera," tuturnya.

Slamet Riyadi, Koordinator Wilayah PKH Lampung bersyukur banyak SDM yang inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: