Antisipasi Bantuan Tidak Tepat Sasaran, Dinsos Metro Wujudkan Program GERBEK DTKS

Antisipasi Bantuan Tidak Tepat Sasaran, Dinsos Metro Wujudkan Program GERBEK DTKS

Foto : Sekretaris Dinsos Kota Metro, Mulia Apriani menyampaikan bahwa aksi perubahan melalui program GERBEK DTKS dalam menurunkan angka kemiskinan di Kantor Dinsos Kota Metro, Jumat 30 Agustus 2024-(Ria Riski A.P)-

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Masalah ketidaksesuaikan data pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menjadi perhatian serius Pemerintan Kota Metro. 

Melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Metro melakukan upaya dalam mengoptimalisasi Penurunan Angka Kemiskinan di kota setempat. 

Di mana langkah tersebut dilakukan dengan melalui Gerakan Bersama Kawal Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (GERBEK DTKS). 

Sekretaris Dinsos Kota Metro, Mulia Apriani menyampaikan bahwa aksi perubahan melalui program GERBEK DTKS tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan di kota setempat. 

BACA JUGA:Tekan Laju Perkembangan Inflasi, Disdag Metro Gelar FGD Program SI KOTA MAPAN

"Program GERBEK DTKS ini merupakan inovasi untuk menjawab permasalahan penyaluran bantuan sosial yang tidak tepat sasaran," terangnya, Jumat 30 Agustus 2024.

Menurutnya, penguatan program tersebut dengan adanya rancangan Perwali tentang verifikasi dan validasi DTKS. 

Kemudian juga dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat, pemerintah di tingkat kelurahan, kecamatan serta stakeholder terkait sangat diperlukan untuk mengawal program tersebut. 

"Dukungan bersama semua pihak diharapkan dapat memperbaiki kondisi data masyarakat yang masuk dalam DTKS," ujarnya.

"Sehingga dapat mendukung tercapainya transformasi perlindungan sosial dan pemberdayaan miskin berbasis data," bebernya. 

BACA JUGA:Yuniar Dampingi Musa Daftar ke KPU, Warga Gunungsugih: Jangan Menambah Luka di Hati Mardiana

Ia menambahkan, bahwa program tersebut juga dilaksanakan sebagai upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan transformasi perlindungan sosial, dan pemberdayaan masyarakat miskin berbasis data di Kota Metro. 

"Program ini juga dilakukan sebagai langkah Dinsos untuk menurunkan angka kemiskinan di Kota Metro. Karena itu kami mengajak seluruh pihak untuk bekerjasama dalam mengawal DTKS agar bantuan sosial yang diberikan tepat sasaran," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: