Waspada Penyakit Diare, Diskes Ingatkan Warga Metro Jaga PHBS

Waspada Penyakit Diare, Diskes Ingatkan Warga Metro Jaga PHBS

Foto : Kepala Diskes Metro, Eko Hendro Saputra dikonfirmasi awak media, Senin 2 September 2024.-(Ria Riski A.P)-

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Memasuki musim kemarau, warga Kota Metro diimbau untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) secara ketat. 

Di mana PHBS dinilai mampu mencegah warga terserang penyakit diare. Terlebih Dinas Kesehatan (Diskes) Metro menyebut bahwa penyakit diare paling sering terjadi pada musim kemarau.

Demikian disampaikan Kepala Diskes Metro, Eko Hendro Saputra dikonfirmasi awak media, Senin 2 September 2024.

Ia mengatakan, pada musim kemarau  penyakit menular cenderung mengalami penurunan.

Kendati demikian kewaspadaan masyarakat tetap harus ditingkatkan untuk mengatisipasi penyakit lainnya salah satunya seperti penyakit diare.

BACA JUGA:Masuki Tahapan Pilkada, Netralitas ASN di Metro Dipantau Bawaslu!

"Memang di musim kemarau penyakit-penyakit yang menular cenderung menurun. Tetapi, yang perlu kita jaga penyakit yang tidak menular," ujarnya.

Menurutnya, penyakit yang tidak menulat tersebut seperti penyakit diare. Penyakit tersebut biasnya  muncul saat musim kemarau.

"Kurangnya konsumsi air bersih ini saat musim kemarau, biasanya menjadi penyebab penyakit diare. Oleh karena itu dibutuhkan sumber air bersih yang sehat," jelasnya. 

Tidak hanya itu, lanjutnya, penerapan PHBS juga menjadi solusi utama untuk mencegah penyakit diare tersebut. 

Oleh karenanya, pihaknya secara intensif mengaku aktif memberikan edukasi dan informasi kepada warga mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

BACA JUGA:Cakada Tunggal Tidak Menyurutkan Semangat PKS Lambar dan Parosil untuk Menang Maksimal

"PHBS ini pertama dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun. Kemudian hidup di lingkungan yang sehat," jelasnya.

Tidak hanya itu, tambahnya PHBS juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat dan memperbanyak aktivitas fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: