BPBD Mesuji Gelar Peningkatan Kapasitas Relawan Bencana Desa

BPBD Mesuji Gelar Peningkatan Kapasitas Relawan Bencana Desa

Foto: BPBD Mesuji Gelar Peningkatan Kapasitas Relawan Bencana Desa-(Nara J Afkar)-

MESUJI, RADARMETRO.DISWAY.ID- Guna meningkatkan Kapasitas Relawan Bencana yang ada di desa-desa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MESUJI melaksanakan sosialisasi Pembekalan Relawan Bencana Desa tahun 2024.

Kegiatan berlangsung di Balai Desa Mukti Karya, Kecamatan Panca Jaya, Rabu 4 September 2024

Asisten Bidang Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Mesuji, Dahuri Santoni.SP., yang dalam hal ini mewakili Pj. Bupati Mesuji Febrizal Levi Sukmana menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya penting dan strategis dalam rangka mewujudkan Kabupaten Mesuji yang aman, tahan bencana, dan sejahtera.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Kabupaten Mesuji memiliki potensi bencana yang cukup tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas dan kerjasama yang erat di antara seluruh pemangku kepentingan untuk dapat mengelola dan mengurangi risiko bencana yang mungkin terjadi,” jelasnya.

BACA JUGA:Pj Bupati Tuba Ferli Yuledi Hadiri Pisah Sambut Karutan Kelas II B Menggala

Dia menambahkan, pentingnya penguatan kapasitas dan kemampuan masyarakat dalam penanggulangan bencana.


--

"Masyarakat harus diberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan yang memadai agar dapat berperan aktif dalam setiap tahapan penanggulangan bencana, mulai dari mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, hingga pemulihan pasca bencana", tambah nya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Mesuji, Budiman Nainggolan mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, nantinya para relawan yang telah di beri pembekalan bisa menyampaikan kepada masyarakat agar menambah wawasan dan pengetahuan bagaimana cara mengantisipasi pengurangan dampak bencana apabila terjadi suatu bencana di wilayahnya.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi pembekalan relawan bencana Desa, masyarakat diharapkan lebih siap dalam mengahadapi dan mengurangi suatu risiko bencana apabila suatu saat terjadi,"ujar dia.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Pancegahan dan kesiap siagaan BPBD Mesuji Maulana Irwanto.ST., melaporkan ada sebanyak 50 relawan yang pada hari itu di beri pembekalan agar lebih siap dalam menghadapi potensi bencana yang terjadi.

BACA JUGA:Penyidik Kejari Mesuji Geledah Kantor Dinas KB Mesuji, Ini Kasusnya

"Para relawan tersebut merupakan perpanjangan tangan BPBD dalam hal penanggulangan bencana di wilayah yang memiliki potensi bencana tinggi di 7 kecamatan yang ada di Mesuji," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten bidang pemeritahan umum dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Mesuji Dahuri Santoni SP, camat Dedi Agus Nanto SH MH, Kalak BPBD Mesuji Budiman Nainggolan S,K,.M., MM, kepala Desa Mukti Karya Muarif, perwakilan Dinas Pertanian Mesuji, Dinas Sosial Mesuji, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Mesuji, serta Seluruh relawan desa rawan bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: