KPU Ubah Desain Debat Calon Walikota jadi Calon Wakil Walikota, Ini Alasannya!

KPU Ubah Desain Debat Calon Walikota jadi Calon Wakil Walikota, Ini Alasannya!

Foto : Komisioner KPU Metro Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Yunita Dewi Nurbaya saat dikonfirmasi awak media. -(Ria Riski A.P)-

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro melakukan perubahan desain debat kandidat Calon Kepala Daerah (Cakada). 

Di mana sebelumnya debat kandidat Cakada akan dilakukan antara Calon Walikota. Namun KPU melakukan perubahan debat pertama menjadi antar Calon Wakil Wali Kota Metro.

Dikonfirmasi awak media, Komisioner KPU Metro Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Yunita Dewi Nurbaya menjelaskan alasannya melakukan perubahan desain debat Cakada.

Menurutnya, perubahan dilakukan karena kandidat Calon Walikota nomor urut 2 yakni Wahdi dinyatakan sedang sakit.

"Jadi kemarin tepat pada 22 Oktober, ada surat yang masuk ke kami dari salah satu tim pemenangan pasangan calon," katanya.

"Dalam surat itu menyebutkan bahwa Calon Walikota sedang dalam kondisi sakit, yang mana tidak bisa menghadiri di debat pertama itu," terangnya, Rabu 23 Oktober 2024.

BACA JUGA:Sanksi Kakam yang Terbukti Melanggar Aturan Pilkada Mandek di Pj Bupati Lamteng

Ia mengatakan, dalam surat tersebut kandidat Calon Walikota nomor urut 2 juga melampirkan surat bahwa yang bersangkutan sedang sakit.

Surat yang ditujukan kepada KPU Kota Metro tersebut yang menyatakan yang bersangkutan sedang dirawat di RS Gatot Subroto di Jakarta.

"Untuk pasangan calon nomor urut 2 (Wahdi). Berdasarkan informasi tersebut dirawat di Jakarta, di RS Gatot Subroto," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan, dikarenakan beralasan sedang sakit, maka kedua belah pihak baik dari LO pasangan calon nomor urut 1, maupun nomor urut 2 sepakat untuk melakukan perubahan desain debat.

"Kalau waktu lalu saya menyampaikan kegiatan debat pertama kita itu calon walikota dulu, kemudian kita melakukan perubahan. Ini dari kesepakatan bersama dengan LO dari kedua belah pihak," ujarnya. 

"Sehingga pada debat pertama ini dilaksanakan untuk pasangan calon, tetapi diwakili calon wakil walikota," ungkapnya. 

Selanjutnya, karena perubahan tersebut maka pada sesi debat kedua nantinya akan dilakukan pasangan calon yang diwakili oleh calon walikota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: