Terbanyak di Lampung, Kota Metro Kirimkan 6 Pecatur Terbaiknya di Ajang Kejurnas ke-49 Jakarta

Terbanyak di Lampung, Kota Metro Kirimkan 6 Pecatur Terbaiknya di Ajang Kejurnas ke-49 Jakarta

Foto: Foto: Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-49 2023 di Jakarta.-(MH Naim)-

RADARMETRO – Sebanyak 27 pecatur terbaik Provinsi Lampung jalani sengitnya Kejuaraan Nasioanal (Kejurnas) Catur ke-49 di Jakarta. Kejuaraan yang dimulai sejak 14 Maret hingga 19 Maret 2023 itu di itaksir gelaran tersebut diikuti sebanyak 1.506 peserta dari berbagai Provinsi di Indonesia. 

Dari puluhan pecatur asal Lampung, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Metro memberangkatkan 6 pecatur andalan. Di mana seorang pecatur akan bertanding pada kategori senior. 

Sedangkan kontingen Lampung lainnya berasal dari Kabupaten Lampung Selatan serta Bandar Lampung masing-masing 4 pecatur. Kemudian Kabupaten Pesawaran sebanyak 3 pecatur, dan untuk Tanggamus, Pringsewu, serta Tulangbawang Barat, masing-masing memberangkatkan 2 pecatur mereka. Sementara empat kabupaten lainnya memberangkatkan 1 pecatur. 

Hal itu diungkapkan Setiawan, salah seorang pendamping kontingen asal Kota Metro. Ia mengatakan, Kejurnas Catur tahun 2023 ini pihaknya membawa atlet catur mulai dari kategori junior usia 9 tahun (U-9) hingga pecatur senior. 

“Metro terbanyak, 27 pecatur itu (Provinsi Lampung) enam diantaranya dari Kota Metro,” ujar Setiawan saat dihubungi pewarta, Rabu (15/3/2023). 

 


Foto 2: Kejuaraan Catur Nasional-(MH Naim)-

Pria yang juga sebagai pelatih Sekolah Catur (SCM) Metro itu menjelaskan, enam pecatur Kota Metro berangkat dengan performa terbaik. Selain beberapa kali merengkuh gelar juara, pecatur tersebut juga konsisten mengikuti latihan rutin. Bahkan, dua minggu menjelang Kejurnas porsi latihan mereka lebih ditingkatkan. 

“Untuk persiapan kita sudah jauh-jauh hari, latihan rutin juga dua kali dalam seminggu,” bebernya. 

“Kalau khusus Kejurnas ini untuk latihan sendiri kita tingkatkan itu pasti, dua minggu menjelang Kejurnas kita setiap hari latihan,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, berdasarkan prestasi anak didiknya belakangan ini sekaligus mereka memiliki komitmen dalam menjaga ritme permainan catur saat latihan, ia optimis akan membawa pulang medali. Hal itu untuk menunjukkan bahwa pecatur Kota Metro tidak bisa dipandang sebelah mata. 

“Maka dari itu kita optimis, mereka dalam kondisi terbaik, semoga aja kita mendapatkan posisi di kelas junior maupun senior,” kata Setiawan. 

Setiawan menambahkan, kedatangannya pada gelaran Kejurnas selain mensupport penuh anak didiknya, juga sebagai ajang menambah wawasan baru terkait perkembangan dunia percaturan indonesia. 

BACA JUGA:Dirombak Habis, Pengurus KONI Lampung Atur Pelantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: