Terbanyak di Lampung, Kota Metro Kirimkan 6 Pecatur Terbaiknya di Ajang Kejurnas ke-49 Jakarta

Terbanyak di Lampung, Kota Metro Kirimkan 6 Pecatur Terbaiknya di Ajang Kejurnas ke-49 Jakarta

Foto: Foto: Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-49 2023 di Jakarta.-(MH Naim)-

Ke enam pecatur andalan Kota Metro yang mengikuti gelaran Kejurnas Catur ke-49 tahun 2023 di Jakarta yakni, Puspita Rini kategori U-19 Putri, Tri Dewi kategori U-17 putri, Benedict Boaz kategori U-15 putra, dan Michael Hogus serta Raden Gibran di kategori U-9 putra. Sedangkan untuk kelas senior, Kota Metro mempercayakannya kepada pemain kawakan yakni, Setiawan.  

Seremonial pembukaan Kejurnas Catur 2023, secara resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2023), sehari sebelum dimulainya pertandinagan di masing kategori yang diperlombakan. 

Pada kesmepatan itu, turut hadir Ketua DPRD H Prasetyo Edi Marsudi, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, Ketum PB Percasi Utut Adianto dan anggota DPR H Agustiar Sabran. 

Dalam sambutanya, Pj Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, momentum Kejurnas ini juga sebagai mana melahirkan bibit pecatur andalan di Indonesia. Dengan harapan, dapat membawa nama baik Indonesia di ajang bergengsi tingkat internasional. 

“Saya ucapkan selamat bertanding, semoga Kejurnas ini bermanfaat untuk melahirkan bibit-bibit catur nasional maupun internasional. Saya berikan semangat untuk para pecatur muda, semoga bisa menjadi penerus yang mengharumkan nama Indonesia. Selamat bertanding,” ungkapnya. 

Kejurnas tahun 2023 ini dikabarkan antusiasme peserta membeludak, hingga pihak panitia membatasi jumlah peserta tambahan. Tercatat sampai saat ini, ajang yang mempertandingan 17 kategori dengan total hadiah Rp300 Juta itu diikuti sebanyak 1.506 peserta dari berbagai Provinsi di Indonesia. 

Ketum PB Percasi Utut Adianto berharap, Kejurnas tahun 2023 menjadi momentum pembuktian kekuatan catur Indonesia. Dari ribuan peserta yang berpartisipasi, akan memunculkan pecatur andalan Indonesia guna menambah daya gedor percaturan di Asia Tenggara hingga tingkat dunia. 

"Mudah-mudahan dari Kejurnas Catur 2023 ini lahir Grand Master hebat yang bisa mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara dunia. Mudah-mudahan kita segera menjadi kekuatan utama catur di Asia dan dunia," ujar Utut Adianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: