Gelombang Pertama Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Berangkat Hari Ini, Jemaah Dapat Tambahan Air Zamzam

Gelombang Pertama Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Berangkat Hari Ini, Jemaah Dapat Tambahan Air Zamzam

Foto: Gelombang Pertama Kepulangan Jemaah Haji Indonesia-(Istimewa)-

RADARMETRO- Gelombang pertama kepulangan jemaah haji asal Indonesia segera dimulai pada hari ini, Selasa (4/7/2023).

Dikutip dari laman resmi Kemenag, kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Batam (BTH01) jadi kloter pertama yang akan pulang ke tanah air.

Kloter 1 Embarkasi Batam (BTH01) dijadwalkan berangkat dari Makkah menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pukul 16.05 WAS (Waktu Arab Saudi).

Pelepasan kloter 1 BTH01 yang berisikan 369 jemaah dilakukan langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Syisyah, Makkah, senin (3/7/2023).

Pada kesempatan itu pula Yaqut mengabarkan bahwa seluruh jemaah haji asal Indonesia tahun ini akan mendapatkan 10 liter air Zamzam, yang langsung disambut gembira oleh para jemaah dengan teriakan "Alhamdulillah."

BACA JUGA:Menteri Agama Umumkan Kuota Haji Indonesia Tahun 2024

"Kalau sebelumnya jatah Zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter Zamzam untuk jemaah haji dan petugas," terang Yaqut.

Menurut Yaqut, penambahan air Zamzam itu sendiri merupakan bentuk tali kasih kepada jemaah, dan dia berharap nantinya dapat memberikan berkah bagi semua. Sedangkan pembagiannya akan dilakukan di asrama haji debarkasi.

“Jemaah sudah ditambah air Zamzamnya menjadi 10 liter. Saya minta jemaah tidak memasukkan air Zamzam ke dalam koper karena itu dilarang dalam aturan penerbangan. Koper jemaah yang membawa air Zamzam akan dibongkar,” pesan Menag.

Gelombang pertama kepulangan jamaah haji berlangsung sejak 4 Juli 2023 sampai dengan tanggal 18 Juli 2023.

Dari Makkah para jemaah akan berangkat terbang melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah.

Akan ada delapan kloter yang dijadwalkan berangkat pulang pada Selasa 4 Juli 2023, berikut nama-nama kloter beserta jadwal keberangkatannya.

Kloter 1 Embarkasi Batam (BTH 01), berangkat dari Makkah 16.05 WAS (Waktu Arab Saudi), terbang 4 Juli 2023 pukul 00:05 WAS;

Kloter 4 Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 04), berangkat dari Makkah 16.10 WAS, terbang 4 Juli 2023, pukul 00:10 WAS;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: