Ternyata Makan dan Minuman Ini Penyebab Asam Lambung

Ternyata Makan dan Minuman Ini Penyebab Asam Lambung

Foto: Ilustrasi asam lambung naik.-(MH Naim)-

3. Minuman Berkafein

Kafein adalah kandungan yang kerap dihubungkan dengan mencegah atau mengatasi rasa kantuk. Kafein yang ada dalam kopi disebut memiliki kandungan asam klorogenat (Chlorogenic acid).

Jika kamu mengidap penyakit asam lambung, kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering. Selain pada kopi, kafein juga dijumpai secara alami pada teh.

4. Makanan Pedas

Makanan dengan citarasa pedas biasanya ditimbulkan dari campuran cabai di dalamnya. Cabai merupakan salah satu jenis buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. 

Hal ini karena zat capsaicin pemberi rasa pedas pada cabai bisa menyebabkan iritasi di dinding lambung serta meningkatkan produksi asam lambung. Iritasi pada kerongkongan dan kotak suara kemudian bisa memperparah keluhan asam lambung. 

Sambal, makanan dengan saus pedas, atau barbekyu termasuk ke dalam makanan pedas yang sebaiknya dihindari oleh pengidap asam lambung.

5. Makanan Tinggi Lemak

Lambung mencerna lemak dengan perlahan. Sehingga, membutuhkan waktu yang lebih lama bagi makanan untuk turun ke usus. Kondisi ini membuat asam lambung naik ke kerongkongan. 

Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat memicu obesitas. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics menunjukkan, obesitas menyebabkan disfungsi kerongkongan yang berkaitan dengan gejala asam lambung naik.

6. Cokelat

Sama seperti minuman beralkohol, kandungan di dalam coklat dapat melonggarkan sfingter sehingga asam lambung pun bisa naik. Selain itu, di dalam biji cacao sebagai bahan baku pembuatan coklat juga banyak mengandung kafein serupa dengan biji kopi.

Seperti halnya coklat, peppermint juga termasuk pemicu area cincin antara kerongkongan dan lambung (sfingter) menjadi longgar. Sebakinya makanan dengan bahan baku coklat dan peppermint jangan dikonsumsi secara berlebihan.

7. Buah-Buahan Dengan Rasa Asam

Siapa yang tidak suka buah, sebagian besar masyarakat dari berbagai usai menyukai buah-buahan. Karena kandungan di dalamnya yang beraneka ragam seperti, vitamin (Vit A, B, B1, B6, C), mineral, dan serat pangan sangat dibutuhkan oleh manusia 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: