Pemkot Metro Wacanakan Bangun Kolam Retensi Tangani Masalah Banjir

Pemkot Metro Wacanakan Bangun Kolam Retensi Tangani Masalah Banjir

Foto: Asisten II Pemkot Metro, Yeri Ehwan menyebut permasalahan banjir dapat diatasi dengan adanya kolam retensi.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mereferensikan pembangunan kolam retensi guna menanggulangi masalah banjir di Hadimulyo Barat, Metro Pusat.

Disampaikan oleh Asisten II Pemkot Metro, Yeri Ehwan bahwa kolam retensi dipilih untuk menampung air hujan supaya tidak mengalir melalui drainase yang ada.

Ia menjelaskan salah satu wilayah yang memungkinkan untuk dibangun kolam retensi berada di Jalan Bambu Kuning, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat.

Di mana lokasi tersebut merupakan salah satu titik rawan genangan air saat hujan lebat melanda Kota Metro.

“Lahan di Jalan Bambu Kuning yang menurut pengamatan kami dengan dinas PU, dengan Lurah dan Camat, kira-kira di lokasi itu juga memungkinkan dibuat kolam retensi,” ujar Yeri, Jum'at (7/7/2023).

Yeri mengatakan penyebab banjir di Hadimulyo Barat dikarenakan air hujan tertahan pada drainase yang mengalami sejumlah masalah, mulai dari pendangkalan akibat lumpur sampai penyempitan karena bangunan warga.

"Drainase yang juga ada sendimen, ada penyempitan, dan lain-lain," bebernya.

Yeri juga mengungkapkan sampai saat ini Pemkot Metro berupaya melakukan perolehan lahan untuk selanjutnya membangun sebuah kolam retensi.

"Tapi masalahnya lahan ini bukan milik pemda, tapi pihak lain. Sehingga nanti kami akan berkomunikasi dengan pemilik lahan itu sekiranya lahan itu bisa diserahkan secara resmi ke pemda untuk nanti bisa dibangun kolam retensi," tulisnya.

Sementara itu, Yeri mengakui pembangunan kolam retensi penanggulangan banjir di Hadimulyo Barat masih wacana. 

Pasalnya, proyek ini selain menemui masalah kepemilikan lahan, lanjut Yeri, Pemkot Metro juga belum menyusun anggaran besar yang dibutuhkan. 

“Kecuali lahan itu memang sudah dikuasai Pemda ya dengan leluasa kita bisa merancang pembangunan atau anggaran,” tegasnya.

BACA JUGA: Berwisata ke Metro Bawa Motor Curian, Pria Ini Diringkus Polisi

Lurah Hadimulyo Barat, Agus Salim membenarkan di wilayahnya akan dibangun sebuah kolam retensi yang digadang-gadang dapat mengatasi masalah genangan air. Namun , pembangunan kolam retensi tersebut menemui kendala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: