Kalah Gugatan, Bupati Lampung Utara Dihukum Bayar Rp4,7 Miliar

Kalah Gugatan, Bupati Lampung Utara Dihukum Bayar Rp4,7 Miliar

Foto: Indra jaya SH MH CIL CME Sebagai Tergugat dan Riduan Habibi SH MH sebagai Penggugat -(Gus)-

RADARMETRO - Bupati Lampung Utara kalah dalam gugatan perdata yang telah diputus Selasa, 12 Juli 2023 oleh Pengadilan Negeri Kotabumi. Dalam amar putusan tersebut, Bupati sebegai Tergugat I dihukum untuk membayar Rp4,7 miliar kepada 22 Penggugat.

Hal ini dibenarkan oleh Kuasa hukum para Penggugat, Riduan Habibi SH MH, Jum'at 14 Juli 2023. Pengacara dari kantor hukum IRH dan Partners ini bersyukur karena majelis hakim masih menggunakan hati nurani dan objektif dalam memeriksa dan mengadili perkara ini.

"Karena konsultan itu adalah perencana dan pengawasan  pekerjaan tahun 2018 belum dibayar oleh Pemeritah kabupaten Lampung Utara sementara pelaksanaan pekerjaan sudah dikerjakan oleh kontraktor dan sudah dilakukan pembayaran

," tegas Habibi seraya menyebut Putusan telah dilaksanakan pada Hari Rabu, 12 Juli 2023.

Sementara, lanjut Habibi, konsultan belum dibayar dan harus berkali-kali melakukan penagihan dan berakhir dilakukan gugatan di Pengadilan Negeri kotabumi ini.

"Karena ini satu-satunya nya saluran yang harus ditempuh oleh para penggugat

 Untuk menagih hak mereka," kata Direktur Lembaga Bantuan Hukum Serikat Media Siber Indonesia (LBH SMSI) ini. 

Sementara kuasa hukum lainnya, Indra Jaya SH MH CIL CME, menyebut kemenangan ini merupakan kemenangan tim yang didukung oleh para penggugat.

"Alhamdulillah dikabulkan dan kita belum mengetahui apakah nantinya Tergugat akan melakukan banding atau tidak karena Tergugat masih memiliki waktu untuk mengajukan banding," sebut Indra.

Indra yang juga Sekretaris DPD KAI Lampung ini mengatakan, gugatan ini merupakan gugatan ke empat yang dilakukan tim kuasa hukum IRH dan Partner. "Empat empatnya berhasil dengan pemerintah daerah (Bupati,-red) sebagai Tergugat," papar Indra.

BACA JUGA:Anas Urbaningrum Resmi Pimpin Partai Kebangkitan Nusantara Periode 2023-2028

Diketahui dalam persidangan perkara gugatan perdata, dengan nomor 31/Pdt.G/2022/PN Kbu. Dimana Majelis Hakim yang dipimpin oleh Edwin Adrian memutuskan untuk mengabulkan sebagian gugatan terhadap Bupati Lampung Utara dkk.

Yang mana salah satunya ialah, menghukumnya selaku Tergugat I beserta Plt Kepala Dinas PUPR Lampung Utara selaku Tergugat II, untuk membayarkan sejumlah uang pekerjaan di 2018, kepada 22 Penggugat di gugatan ini.

Senilai total Rp4.735.909.000 (Empat Miliar Tujuh Ratus Tiga Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Sembilan Ribu Rupiah). Serta menolak gugatan untuk selebihnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: