Konferwil XI NU Lampung di Metro Akan Dijadikan Percontohan Bagi PWNU se-Indonesia

Konferwil XI NU Lampung di Metro Akan Dijadikan Percontohan Bagi PWNU se-Indonesia

Foto: Ilustrasi--

RADARMETRO - Konferensi Wilayah (Konferwil) XI Nahdlatul Ulama (NU) Lampung akan menjadi Konferwil pertama yang digelar dengan mengadopsi sistem baru hasil Muktamar PBNU-34.

Hal itu membuat acara yang akan dihelat di Kota Metro 29-30 Juli esok menjadi contoh bagi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) di daerah-daerah lain.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Konferwil XI NU Lampung, Prof Alamsyah.

"Konferwil XI NU Lampung ini yang pertama di Indonesia untuk PWNU klasifikasi A dengan peserta terbanyak dan sistem baru hasil dari Muktamar PBNU ke-34 sehingga ini akan menjadi contoh, role model, bagi PWNU lainnya," kata Prof Alamsyah, melansir dari Antara, Selasa (25/7/2023).

Alamsyah menjelaskan jika sebelumnya pemilihan Ketua PWNU hanya melibatkan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) maka sesuai sistem baru hasil Muktamar maka Majelis Wilayah Cabang NU (MWCNU) yang berada di tingkat kecamatan juga diikutsertakan.

BACA JUGA:DPMD Lamsel Teliti Berkas Administrasi 53 Cakades

"PWNU Lampung sebagai salah satu PWNU klasifikasi A atau Kelas I di Indonesia, maka harus menjadi PWNU dengan struktur ke bawahnya menjadi sebuah perkumpulan organisasi yang mandiri secara ekonomi dan sosial politik. Di sinilah tema besar PWNU untuk memenuhi persyaratan kelas A atau Level Satu," ujarnya.

Konferwil XI NU Lampung ini akan dihadiri 964 peserta undangan resmi dari unsur PCNU dan MWCNU se-Provinsi Lampung ini. Namun nantinya pemilihan Ketua PWNU Lampung hanya diikuti 241 suara dari perwakilan PCNU dan MWCNU.

Lebih lanjut Alamsyah mengatakan selain membahas masalah keorganisasian Konferwil ini juga akan membahas urusan sosial dan keagamaan yang dihadapi sekarang ini seperti pengembangan pemahaman agama, perilaku berbangsa yang lebih moderat serta bebas dari radikalisme.

"Untuk keorganisasian akan membahas sosialisasi sekaligus bagaimana organisasi NU yang modern menjadi struktur yang berjalan efektif dari pusat sampai ke bawah.

Membahas bagaimana NU menjadi organisasi yang hidup, bergerak dinamis, dan mandiri, termasuk tentang peraturan-peraturan," kata dia.

BACA JUGA:Kejari Metro Musnahkan Barang Bukti 75 Perkara, Narkotika Mendominasi

Terakhir dia menyampaikan harapan agar seluruh masyarakat khususnya warga kota Metro, Dinas dan Instansi pemerintah serta organisasi-organisasi yang ada dapat memberikan dukungan yang maksimal agar Konferwil XI NU Lampung ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: