26 Siswa SMKN 2 Terbanggibesar Tak Ikut Ujian Sekolah Hari Pertama, Ini Penjelasannya?

26 Siswa SMKN 2 Terbanggibesar Tak Ikut Ujian Sekolah Hari Pertama, Ini Penjelasannya?

Foto: Dewan guru saat ditemui di ruang kerja SMKN 2 Terbanggibesar.-(Aan Putra)-

RADARMETRO - Sebanyak 616 siswa kelas XII SMKN 2 Terbanggibesar mengikuti ujian sekolah (US) di hari pertama, Senin (27/3/2023). Namun, dari data yang diperoleh terdapat 26 siswa yang tidak hadir mengikuti ujian.

Ketua Panitia Ujian Aris Purnomo mendampingi Kepala SMKN 2 Terbanggibesar Wagiman Ralip mengatakan, di hari pertama ujian ini terdapat 26 siswa yang tidak hadir tanpa keterangan. Meski demikian, ujian tetap dilaksanakan dan berjalan tertib tanpa kendala.

"Dari data absensi 26 siswa itu tidak ada keterangan. Apakah masih berstatus siswa sini atau sudah keluar, namun siswa tersebut masih terdaftar dalam dapodik. Ya kita lihat saja sampai akhir ujian nanti, apakah siswa tersebut masuk atau tidak, yang jelas jika siswa tidak ikut ujian sekolah nanti akan mempengaruhi kelulusan," ujar Aris.

Namun, lanjut Aris, jika siswa itu datang nanti akan diikutkan ujian susulan untuk membantu penilaian kelulusan mereka nantinya.

"Salah satu standar kelulusan siswa sekolah, yaitu melalui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai 70. Kemudian hasil rapat dewan guru dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ujian serta absensi maksimal 24 kali akumulasi dalam satu tahun," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkot Metro Lantik 3 JPTP Hasil Selter, ini Daftarnya...

Untuk memudahkan siswa dalam ujian, pihak sekolah meminta siswa untuk membawa handphone android sebagai salah satu sarana ujian namun tidak diperbolehkan menggunakan kartu. Meski pihak sekolah juga telah menyiapkan tab untuk siswa yang tidak memiliki HP android.

"Nah untuk menghindari kecurangan pada ujian, memang tidak diperbolehkan menggunakan kartu. Sebab nanti bisa menjadi sarana siswa untuk mencontek jika terdapat jaringan. Nanti setelah masuk ke dalam aplikasi akan ketahuan jika terdapat siswa yang menyimpan kartu di dalam HP," tambahnya.

Untuk diketahui, saat ini SMKN 2 Terbanggibesar melaksanakan ujian sekolah bagi siswa kelas XII dimulai tanggal 27 Maret hingga 5 April dengan pengawas silang yang berasal dari lima SMK terdekat. Kemudian, untuk siswa kelas X dan XI ujian Penilaian Tengah Semester akan digelar pada 6 sampai 13 April. Lalu untuk PPDB akan dilaksanakan pada Juni-Juli menunggu juknis Kementerian Pendidikan.

BACA JUGA:Melatih Kedisiplinan Tidak Harus Masuk Sekolah Jam 5 Pagi !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: