Penyelenggaraan Haji 2023 Resmi Berakhir, Menag: 773 Wafat, 77 Masih Dirawat, 1 Belum Ditemukan

Penyelenggaraan Haji  2023 Resmi Berakhir, Menag: 773 Wafat, 77 Masih Dirawat, 1 Belum Ditemukan

Foto : Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penutupan operasional haji 2023-(Istimewa)-

RADARMETRO - Kedatangan rombongan jemaah Debarkasi Surabaya (SUB) 88 di Tanah Air, Sabtu (5/8/2023) resmi mengakhiri operasional haji musim ini.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menilai secara umum pelayanan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M sudah berjalan baik dan sesuai harapan meski masih diperlukan perbaikan dalam berbagai hal.

"Jamaah haji terakhir sudah landing kemarin dari Surabaya kloter 88 Surabaya, dan secara umum alhamdullilah pelayanan ibadah haji ini berjalan dengan baik," ucap Yaqut dalam konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Sabtu (5/8/2023).

Berdasarkan laporan, Yaqut menyampaikan hingga berakhirnya operasional haji tahun ini tercatat ada 773 jemaah yang wafat di Tanah Suci.

"Jemaah wafat sampai hari ini ada 773 jemaah. Terdiri dr 752 jemaah haji reguler, 18 jemaah haji khusus, dan 3 jemaah haji furoda," kata Yaqut.

BACA JUGA:Jelang HUT Ke-78 RI, Begini Suasana di Kelurahan Tanjungharapan

Dari jumlah tersebut Yaqut mengungkapkan rata-rata jemaah haji yang wafat didominasi oleh jemaah berusia diatas 60 tahun dengan rincian dari jemaah haji reguler ada sebanyak 562 orang yang wafat berusia 65 tahun ke atas. Sebanyak 81 jemaah berusia antara 60 sampai 64 tahun.

Lalu, ada 109 jemaah yang berusia di bawah 60 tahun.

"Kami mencatat jemaah yang paling sepuh yang wafat berusia 98 tahun ada 2 orang, dan jemaah termuda yang wafat 42 tahun ada 6 orang jemaah yang wafat," jelasnya.

Meski sebagian besar jemaah sudah tiba di Tanah Air, Yaqut juga menyebutkan masih ada 77 orang jemaah yang masih tinggal di Arab Saudi sebab kondisi kesehatan jemaah tersebut belum memungkinkan untuk dibawa pulang dan masih mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Dari 77 jemaah yang masih mendapatkan perawatan medis, 38 jemaah dirawat di RSAS Madinah, 31 jemaah di RSAS Makkah, sedangkan 8 orang jemaah dirawat di RSAS Jeddah.

Satu orang jemaah lagi masih dinyatakan hilang dan hingga kini masih dalam proses pencarian oleh petugas perlindungan jemaah (linjam) dibantu oleh kepolisian dari otoritas Arab Saudi.

Meskipun operasional haji telah berakhir namun Yaqut memastikan Kementerian Agama tetap memantau proses perawatan serta pencarian jemaah yang masih tinggal di Arab Saudi.

BACA JUGA:Jadi Narsum HUT ke-77 PWI/HPN dan Porseniwada 2023 di Sumsel, Ini Pesan Fahrizal untuk Wartawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: