Calon Peserta Seleksi CASN 2023 Sudah Bisa Cek Formasi yang Dibutuhkan, Ini Link-nya

Calon Peserta Seleksi CASN 2023 Sudah Bisa Cek Formasi yang Dibutuhkan, Ini Link-nya

Foto: Ilustrasi--

RADARMETRO- Dalam waktu dekat ini Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 akan segera dibuka.

Berdasarkan Surat Kepala BKN No. 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2023, pendaftaran akan dimulai sejak 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Untuk itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyarankan masyarakat yang berminat mengikuti seleksi sebagai negara agar menyiapkan segala hal yang dibutuhkan seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, akta kelahiran, daftar riwayat hidup, dan dokumen lain.

"Setiap instansi punya persyaratan khusus masing-masing. Cermati dokumen yang dibutuhkan untuk melamar karena calon pelamar. Jangan sampai ini menjadi kendala saat melamar," kata Anas di Jakarta, dikutip Kamis (31/8/2023).

Selain menyiapkan berkas-berkas dokumen persyaratan, Anas juga meningkatkan hal yang penting untuk diperhatikan adalah tentang formasi yang akan dibuka. Secara umum, detail yang harus dicermati misalnya terkait batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.

"Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK," ujarnya.

BACA JUGA:Daftar Online Seleksi CPNS dan PPPK 2023 Wajib Punya Akun SSCASN, Ini Cara Buatnya

Saat ini sudah terdapat beberapa instansi yang tak hanya mengumumkan jadwal pendaftaran namun juga sudah mulai mengumumkan rincian formasi yang dibutuhkan terkait seleksi CASN 2023 di website resmi masing-masing instansi sehingga calon pesertan seleksi sudah bisa mengakses informasi lebih awal.

Bagi Anda calon peserta seleksi yang ingin melakukan pengecekan terkait jumlah dan posisi jabatan di setiap instansi, berikut adalah link dari beberapa instansi yang sudah merilis rincian formasi yang tersedia dalam seleksi CASN 2023:

1. Kementerian Agama (Kemenag): https://casn.Kemenag.go.id/ 

2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham): https://cpns.Kemenkumham.go.id/  

3. Kementerian Kesehatan (Kemenkes): https://casn.kemkes.go.id/  

4. Kementerian Keuangan (Kemenkeu): https://rekrutmen.Kemenkeu.go.id/  

5. Kementerian Sosial (Kemensos): https://cpns.kemsos.go.id/ 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: