Kenali Gejala Virus Pirola, Varian Baru Covid-19 yang Mulai Merebak di Banyak Negara

Kenali Gejala Virus Pirola, Varian Baru Covid-19 yang Mulai Merebak di Banyak Negara

Foto: Ilustrasi--

RADARMETRO- Varian baru dari virus Corona  yakni Covid-19 subvarian BA.2.86 atau Pirola dikabarkan telah menyebar di sejumlah negara.

Gelombang penyebaran Pirola akhir-akhir ini semakin menuai sorotan karena membuat kasus COVID-19 meningkat di Amerika Serikat, Inggris, dan China.

Pirola atau BA.2.86 pada dasarnya merupakan subvarian dari Omicron. Varian Pirola ini disebut punya 'kelebihan' tersendiri dibanding varian lain dimana varian ini memiliki 30 mutasi, paling banyak mutasinya dibanding varian lain.

Dari penelitian yang dilakukan, kesimpulan awal menyebutkan varian Pirola ini sepertinya berbeda. Ada lebih banyak mutasi pada varian ini yang berarti varian ini akan memiliki kemampuan lebih besar untuk menghindari kekebalan yang diberikan oleh vaksin maupun infeksi alami.

Dari hasil penelitian sejauh ini belum menemukan adanya bukti yang menyebut varian Pirola berisiko dapat memicu gejala yang lebih serius, atau risiko kematian yang besar seperti pada pasien COVID-19.

Namun perkembangan virus ini tetap dipantau secara serius oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak pertengahan Agustus lalu.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat atau US Centres for Disease Control (CDC), gelombang varian Pirola sejauh ini telah telah terdeteksi di 10 negara salah satunya Asia. 

BACA JUGA:Dampak El Nino, Puskesmas Sidomulyo dan Tanjung Mas Makmur Bagikan Masker ke Pengguna Jalan

Sepuluh negara yang telah mengkonfirmasi adanya varian Pirola ini adalah :

1. Amerika Serikat

2. Israel

3. Kanada

4. Denmark

5. Inggris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: