Pemanfaatan Lahan Terbatas untuk Menjaga Ketahanan Pangan di Depok

Pemanfaatan Lahan Terbatas untuk Menjaga Ketahanan Pangan di Depok

Foto: Pemanfaatan Lahan Terbatas untuk Menjaga Ketahanan Pangan-(Rahayu Anggraini)-

Hidroponik sendiri merupakan salah satu metode dalam membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi hara bagi tanaman.

Teknik budidaya hidroponik ini biasanya hanya fokus pada tanaman-tanaman terutama jenis sayuran dan buah-buahan tanpa menggunakan media tanam berupa tanah.

Media tanam yang dapat digunakan berupa sekam bakar, hidroton, dan rockwool. Selain itu hidroponik juga merupakan kegiatan bercocok tanam yang biasanya dikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara.

Dalam penggunaan penanaman dengan cara hidroponik ada keuntungan yang di dapat yaitu mulai dari perawatan tanaman yang lebih praktis dibandingkan dengan penanaman tanaman pada media tanah, tanaman lebih mudah diganti.

produksi tanaman pun akan lebih terjamin, gangguan hama bisa lebih terkontrol, pemakaian pupuk yang lebih hemat (efisien), dan tanaman yang mati akan lebih mudah diganti dengan tanaman yang baru.

Namun, dalam menggunakan hidroponik juga memiliki kekurangan yaitu mulai dari modal yang cukup besar, butuh perhatian ekstra, dan perlu keterampilan untuk merawatnya.

Adapun jenis teknik hidroponik yaitu Static Solution Culture, di Indonesia teknik ini disebut dengan teknik apung dan sistem sumbu dan merupakan cara menanam hidroponik menggunakan air statis atau air yang tidak mengalir.

Dan ada sistem hidroponik Aeroponik, sistem aeroponik adalah sistem bercocok tanaman dengan menggunakan atau memberdayakan udara tanpa menggunakan media tanah.

Contoh tanaman hidroponik adalah selada, tomat, mentimun, bawang merah, kangkung, dll. Dengan dilakukannya urban farming dan teknik hidroponik diharapkan kedepannya pertanian di Kota Depok dapat berjalan dengan baik dan dapat menjaga ketahanan pangan untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: