Mengenal Daun Dewa Dan Tips Membudidayakannya Di Lahan Sempit

Mengenal Daun Dewa Dan Tips Membudidayakannya Di Lahan Sempit

Foto: Daun Dewa.-(Istimewa)-

Bagian dari tanaman daun dewa yang dimanfaatkan sebagai obat yaitu daun atau umbinya. Para ahli pengobatan alternatif telah membahas manfaat dan khasiatnya. 

Tanaman daun dewa mengandung senyawa flavonoid, polifenol, vitamin K, asam hidrolil, saponin, dan minyak atsiri.

Kajian farmakologi menunjukkan bahwa daun dewa terbukti memiliki berbagai aktivitas biologis yang memperkuat dasar ilmiah penggunaannya sebagai obat tradisional. Berikut terdapat beberapa manfaat dan khasiat daun dewa bagi kesehatan.

Manfaat yang pertama yaitu dapat digunakan sebagai antiseptik. Menurut Jurnal e-Biomedik (eBm) Universitas Sam Ratulangi Manado, kandungan yang diduga terkandung dalam daun dewa yang dapat berperan sebagai antiseptik dan mempercepat penyembuhan luka yakni flavonoid, saponin, tanin, dan minyak atsiri.

Selain itu, daun dewa juga dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, menghilangkan nyeri persendian akibat asam urat, menurunkan kadar kolestrol dalam darah, dan sebagai antipiretik.

BACA JUGA:Mengelola Ubi Ungu Menjadi Brownies Diabetes Friendly

Selanjutnya daun dewa juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung, darah tinggi/hipertensi dan stroke.

Jurnal Frontiers in Pharmacology membuktikan bahwa ekstrak daun dewa mampu membuat penurunan dalam detak jantung, dan efek ionotropik negatif pada atrium. Selain membantu aktivitas kardiovaskular untuk mengatasi hipertensi, daun dewa juga disinyalir dapat mencegah dan mengobati stroke.

Jurnal Frontiers of Pharmacology juga menerangkan bahwa daun dewa memiliki efek gastroprotektif dan perlindungan pada organ yang bersifat menyembuhkan. Mulai dari antikanker, antibakteri, antioksidan, antihipertensi, kardioprotektif, hingga antihiperglikemik.

Hal ini membuat daun dewa dijuluki sebagai si penyambung nyawa karena dapat mengobati banyak masalah kesehatan sekaligus.

Beberapa manfaat daun dewa lainnya untuk kesehatan yaitu mengobati batuk dan muntah darah, mengobati sakit ginjal, hati, radang, maag dan berbagai gangguan saluran pencernaan lainnya.

Dengan mengkonsumsi ekstrak daun dewa dapat mengatasi masalah pencernaan karena kandungannya mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Daun dewa juga dipercaya dapat menyembuhkan kutil dan merawat kulit serta wajah.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, daun dewa bisa direbus sebelum digunakan dan dijadikan obat herbal. Hal ini biasanya lebih aman karena dapat menghilangkan zat beracun pada daun.

Cara penggunaan lainnya yaitu dengan menggiling herba segar atau umbi segar sampai halus lalu ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit.

Dikalangan masyarakat Tiongkok, daun dewa dimanfaatkan untuk pengobatan, karena dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mikrosirkulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: