Dampak El Nino di Kota Metro, 3 Faktor Jadi Perhatian, OPD Diminta Sigap

Dampak El Nino di Kota Metro, 3 Faktor Jadi Perhatian, OPD Diminta Sigap

Foto : Walikota Metro Wahdi saat dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kamis (12/10/2023).-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Metro diminta sigap dalam mengantisipasi dampak panjang fenomena El Nino

Di mana ada 3 faktor yang menjadi perhatian utama dalam melakukan langkah antisipasi. Demikian disampaikan Walikota Metro Wahdi dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kamis (12/10/2023). 

Ia mengatakan, dalam pra rapat koordinasi (Rakor) bersama Pemerintah Provinsi Lampung pihaknya telah menyampaikan langkah antisipasi menghadapi dampak El Nino. 

Menurutnya, ada 3 upaya yang menjadi perhatian pemerintah dalam melakukan langkah antisipasi. Pertama dilakukan pada ketahanan pangan masyarakat di Kota Metro. 

"Jadi ketika pra rakor dengan Bapak Gubernur, saya sudah mempersiapkan dampak El Nino," terangnya. 

BACA JUGA:Tangani Ancaman Gagal Panen, DPRD Minta OPD Cari Alternatif

Karena itu, Wahdi mengaku telah mengumpulkan sejumlah OPD agar waspada mempersiapkan diri. Ini terutama Lurah, Camat dan kepala OPD. 

"Pernah kan saya kumpul mulai dari lurah, camat, semuanya saya kumpulkan. Satu pangan, air dan kebakaran. Kita menjaga keamanan pangan," ujarnya.

Selanjutnya langkah antisipasi juga dilakukan pada ketersediaan air bersih di masyarakat. Tidak hanya itu, kewaspadaan juga dilakukan terhadap musibah kebakaran. 

"Yang kedua air. Ada beberapa yang kering seperti di Kelurahan Ganjaragung, tapi BPBD-nya bekerja. Posokan air masih tetap," jelasnya. 

Tidak hanya itu Wahdi juga meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sigap mengantisipasi ketersediaan air bersih. 

BACA JUGA:Waspada Dampak El Nino di Metro, DKP3 Gandeng OPD Jaga Produksi Pertanian

"Kalau yang ada yang kurang langsung kita kirim pasokan airnya. Pokoknya apa yang dibutuhkan masyarakat bersama masyarakat kita lakukan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: