Jelang Pemilu 2024, ASN Metro Lampung Teken Kesepakatan, Ternyata Pegawai Dilarang Lakukan ini!

Jelang Pemilu 2024, ASN Metro Lampung Teken Kesepakatan, Ternyata Pegawai Dilarang Lakukan ini!

Foto : Sejumlah Kepala OPD menandatangani Deklarasi Ikrar Netralitas ASN.-(Istimewa)-

BACA JUGA:Wow.... UU ASN Disahkan, Rekrutmen ASN Setahun Bisa 3 Kali, Simak Penjelasannya!

"Ini baik yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro Rosita menerangkan, selain mengucapkan ikrar ASN juga diminta untuk menandatangani komitmennya untuk menjaga netralitas.

"Komitmen menjaga netralitas ini sebenarnya sudah dilakukan pada bulan Februari 2023 lalu. Di mna seluruh ASN kita mint untuk menanda tangani Pakta Integritas dan netralitas ASN," jelasnya. 

Menurutnya, penandatanganan pakta integritas tersebut dipimpin langsung oleh masing-masing kepala OPD. 

"Untuk penandatanganan deklarasi ini dilakukan untuk seluruh pejabat. Baik itu Bapak Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ketua KPU dan Badan Pengawas Pemilu," tutupnya. 

Diketahui, sebelumnya Pemkot Metro telah mengeluarkan Surat Nomor : 005/1446/B-06/2023 tentang pelaksanaan Deklarasi Netralitas bagi ASN. 

Surat tersebut ditujukan bagi seluruh ONS dan Pegawai Kontrak di Lingkungan Pemerintah Kota Metro.. 

Di dalam surat edaran itu disebutkan agar Kepala Perangkat Daerah dapat mensosialisasikan, melaksanakan, dan mematuhi asas dan ketentuan netralitas ASN. 

Ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara dan Ketua Bawaslu. 

BACA JUGA:Wow... Tunjangan ASN Bakal Dihapus, Pemerintah Siapkan Gantinya

Surat tersebut bernomor 2 Tahun 2022, Nomor 800-5474 Tahun 2022, Nomor 246 Tahun 2022, Nomor 30 Tahun 2022 dan Nomor 1447.1/PM.01/K.1/09/2022 tertanggal 22 September 2022.

Adapun isinya tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: