Cantik dan Tegas, Mahasiswi IAIN Metro Ini Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023

Cantik dan Tegas, Mahasiswi IAIN Metro Ini Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023

Foto: Terlihat Rizka Arum Pramada, mahasiswi PLP IAIN Metro saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 di MAN 2 Tulang Bawang Barat.-(Istimewa)-

Dalam tiga hari itu, kata Rizka, digunakannya untuk mempersiapkan materi dengan membaca seputar Hari Sumpah Pemuda.

Seluruh materi yang akan disampaikan olehnya dirangkum dalam secarik kertas, lalu dipersingkat menjadi sebuah kerangka materi yang terdiri dari tiga poin utama.

Menurutnya kerangka materi akan mempermudah pada saat penyampaian di depan umum, khususnya bagi yang baru pertama kali di posisi tersebut.

“Pertama bikin kerangka materi sesuai poin-poin yang disampaikan biar mudah diingat, karena saya enggak bawa teks juga itu,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan awalnya kurang percaya diri, karena baru pertama kali menjadi inspektur upacara. Namun, hal itu dapat diatasi berkat bekal mental yang dimiliki sebelumnya.

“Baru pertama kali, jadi ya yang dirasakan awalnya gerigi, syaraf, normal lah seperti pada umumnya,” jelasnya.

Keberanian serta bagusnya materi yang disampaikan membuat Rizka banyak menuai pujian dari para guru-guru MAN 2 Tubaba.

"Respon guru banyak yang mengapresiasi, meskipun singkat tapi kata mereka m aterinya bagus," imbuhnya.

Ia menambahkan pengalaman baru menjadi upacara inspektur menjadikannya semangat dan tak disetujui apabila mendapatkan kesempatan yang sama di kemudian hari.

BACA JUGA: Demonstrasi Mahasiswa Soroti Alih Fungsi IAIN Metro jadi UIN

Amanat Rizka Arum Pramada

Berdasarkan rekaman video yang dilihat radarmetro.disway.id menampilkan Rizka Arum Pramada berada di podium bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023.

Rizka tampil di depan puluhan guru serta ratusan pelajar MAN 2 Tubaba mengenakan jas almamater warna biru IAIN Metro, kerudung hitam, serta bawahan hitam.

Dalam video tersebut terlihat Rizka tampil dengan tenang, tegas, dan lugas menyampaikan materi di depan seluruh peserta upacara.

Rizka mengawali dengan salam pembuka, dilanjutkan menyapa seluruh peserta upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 ke-95 dengan tema 'Bersama Memajukan Indonesia'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: