Cantik dan Tegas, Mahasiswi IAIN Metro Ini Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023

Cantik dan Tegas, Mahasiswi IAIN Metro Ini Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023

Foto: Terlihat Rizka Arum Pramada, mahasiswi PLP IAIN Metro saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 di MAN 2 Tulang Bawang Barat.-(Istimewa)-

Ia mengatakan pemuda pada masa dulu merupakan pelopor kemerdekaan Indonesia yang berperan besar dalam merebut kekuasaan dari tangan penjajah.

Oleh karena itu, dengan lantang Rizka mengajak seluruh generasi muda dalam hal ini pelajar untuk bersama-sama mempertahankan kemerdekaan.

“Penjajahan yang kita alami saat ini, bukanlah sepenuhnya dari penjajahan yang membawa senjata, tetapi ancaman berita hoax yang beredar di media sosial,” tegasnya.

BACA JUGA: IAIN Metro Lampung Bergejolak, Reshuffle Pimpinan Berujung Pelaporan

Selain itu, ancaman paling nyata dihadapi pemuda hari ini adalah rasa malas yang berasal dari diri sendiri.

Rizka menyebut ada tiga fase kehidupan yang dialami manusia. Pertama fase remaja, di mana seseorang memiliki power atau kekuatan dan waktu lebih banyak daripada finansial.

“Fase kedua adalah fase dewasa, di mana kita memiliki kekuatan, kita memiliki uang atau finansial, tetapi kita tidak memiliki banyak waktu,” jelasnya.

Dan fase kehidupan manusia yang ketiga adalah masa tua. Menurut Rizka di fase ini seseorang memiliki banyak waktu luang dan finansial, tetapi tidak memiliki tenaga lebih.

“Apa maksudnya fase ketiga tersebut?” mengungkapkannya.

Dijelaskannya bahwa fase remaja merupakan proses seseorang menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan berkarya untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Karena kemajuan suatu negara bergantung pada remaja atau pemuda yang ada di negara itu sendiri,” tandasnya.

Kemudian, ia menambahkan fase remaja itu juga menjadi bekal untuk masa depan diri sendiri dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Sebelumnya diberitakan, viral sebuah foto mahasiswi menggunakan almamater biru IAIN Metro menjadi pembina upacara.

Setelah ditelusuri, terungkap mahasiswi tersebut bernama Tutik Warianti. Ia menempuh pendidikan perguruan tinggi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Metro.

Foto tersebut diambil saat Tutik menjadi Pembina Upacara Bendera di SMAN 1 Kebun Tebu, Lampung Barat, pada Senin (23/10/2023) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: