Pemkot Metro Ingatkan Warga Tak Pasang Paku di Pohon Penghijauan

Pemkot Metro Ingatkan Warga Tak Pasang Paku di Pohon Penghijauan

Foto : Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman dalam kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga lingkungan. Langkah tersebut dilakukan dengan tidak memasang paku di pohon penghijauan.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman dalam kegiatan  Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar di Taman Hutan Kota, Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kamis (13/6/2024).

Ia mengatakan, bahwa tindakan memasang paku di pohon penghijauan akan merusak lingkungan. Karenanya ia mengingatkan masyarakat untuk menghentikan aksi tersebut.

"Hentikan itu! Kasihan nanti generasi muda berikutnya tidak dapat menikmati lahan hijau," cetusnya.

Menurutnya, peringatan Hari Lingkungan Hidup kali ini hendaknya dapat menjadi momentum untuk menjaga lingkungan. Kemudian melakukan langkah konkret dengan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi.

"Tolong ini dijaga Kota Metro bersama pemerintah. Tolong diingatkan kembali yang selalu memasang gambar-gambar di pohon-pohon memakai paku dan tindakan merusak lainnya," tegasnya. 

BACA JUGA:Bioskop Satu-Satunya di Metro Segera Dibuka, Ini Lokasinya!

Menurutnya, peringatan Hari Lingkungan Hidup juga dapat menjadi momen untuk menjaga keanekaragaman hayati. Kemudian juga berkontribusi pada mitigasi perubahan iklim di Kota Metro

"Pemulihan lahan ini penting untuk kita pahami. Apalagi ribuan tahun yang lalu Rasulullah juga sudah mengingatkan kepada kita untuk selalu menjaga lingkungan," pesannya.

Karenanya lanjut Qonaru, melalui upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat, pemulihan lahan diharapkan dapat menjadi fondasi kota kedepannya.

"Sehingga lebih sehat dan berkelanjutan. Paling tidak dengan kegiatan ini kita menanamkan keseriusan Pemkot Metro untuk melihat tentang kota ini secara baik," bebernya. 

Qomari berharap adanya kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Ini terutama dalam  membangkitkan kesadaran menjaga lingkungan bagi kalangan generasi muda.

"Contohnya dengan kegiatan menanam pohon yang melibatkan siswa-siswi dari sekolah. Saya berharap dengan adanya kolaborasi antara Dinas Pendidikan dengan DLH dapat membangun kota ini lebih bermartabat," pesannya. 

BACA JUGA:Pekon Wates Realisasikan Dana Desa 2024 untuk Infrastruktur dan Pemberdayaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: