4 Dosen FKIP UM Metro Terpilih Kembali Dampingi Program Sekolah Penggerak

4 Dosen FKIP UM Metro Terpilih Kembali Dampingi Program Sekolah Penggerak

Foto: 4 Dosen FKIP UM Metro Terpilih Kembali Dampingi Program Sekolah Penggerak-(Baihaqi)-

RADARMETRO - Universitas Muhammadiyah Metro dengan bangga mengumumkan bahwa empat dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terpilih untuk mendampingi Program Sekolah Penggerak tahun ajaran 2024/2025.

Keempat dosen tersebut adalah Drs. Partono, M.Pd. (Dosen Pendidikan Fisika), Fenny Thresia, M.Pd. (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris), Dr. Satrio Budi Wibowo, M.A. (Dosen Bimbingan dan Konseling), dan Dedy Hidayatullah A, M.Pd. (Dosen Pendidikan Fisika). Sebelumnya UM Metro memiliki 7 Fasilitator Sekolah   Penggerak namun hanya 4 orang saja yang terpilih kembali melaksanakan tugas pendampingan

Program Sekolah Penggerak adalah sebuah inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia.

Program ini dirancang untuk mendorong transformasi sekolah-sekolah terpilih menjadi sekolah unggul yang mampu menggerakkan sekolah-sekolah lain di sekitarnya untuk ikut maju.

Dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan, pengurangan kesenjangan pendidikan, serta peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru, program ini menyediakan pelatihan intensif dan pendampingan dari mentor berpengalaman.

BACA JUGA:Sukses Besar, JOB FAIR UM Metro 2024 Dihadiri Oleh Ratusan Peserta

Selain itu, program ini juga mengembangkan kurikulum yang lebih relevan dan berpusat pada siswa serta memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Program Sekolah Penggerak menawarkan berbagai manfaat, termasuk peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran yang inovatif, pengembangan profesionalisme guru yang lebih kompeten dan inspiratif, serta kolaborasi antar sekolah yang memungkinkan penyebaran praktik terbaik.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, program ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung kemajuan pendidikan.

Diharapkan, sekolah-sekolah penggerak ini dapat menjadi contoh dan mitra bagi sekolah lain dalam mengimplementasikan praktik terbaik, sehingga membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Dalam masa tugas pendampingan ini, keempat dosen akan mendampingi berbagai jenjang pendidikan, yaitu PAUD/TK, SD, SMP, SMA, dan SLB di berbagai kabupaten yang ada di Provinsi Lampung.

Sebelum melaksanakan tugas pendampingan, mereka mengikuti rapat koordinasi teknis Program Sekolah Penggerak bersama Dinas Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang berlangsung di Hotel Santika pada tanggal 8-10 Juli 2024.

Rektor Universitas Muhammadiyah Metro, Dr. Nyoto Suseno, M.Si., menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan positif ini.

"Secara tidak langsung, kegiatan ini menjadi ajang promosi UM Metro di berbagai daerah. Saya berharap pendampingan ini memberikan dampak positif bagi seluruh Sekolah Penggerak yang ada di Provinsi Lampung," ujar Dr. Nyoto Suseno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: