Buah Delima, Buah Surga dengan Segudang Manfaat

Buah Delima, Buah Surga dengan Segudang Manfaat

Foto: Buah Delima, Segudang Manfaat.-(Istimewa)-

Shila devita putri irawan

Jurusan agribisnis 

Fakultas sains dan teknologi

UIN jakarta

Salah satu buah yang digemari oleh nabi Muhammad saw dan salah satu buah yang disebutkan dalam Al Quran sebagai buah yang ada di dalam surga yaitu buah delima.

Buah yang memiliki nama latin punica granatum ini memiliki kurang lebih 667 biji dalam satu buahnya yang  terbungkus oleh daging buah berwarna merah dan warna kulit buah yang kekuningan hingga merah tua.

Buah delima umumnya  memiliki rasa asam dan manis. 

Buah delima memiliki keistimewaan, yakni buah delima disebutkan hingga 3 kali dalam Al Quran, yaitu pada surat Al Anam ayat 99 dan 141, serta dalam Al Quran surat Ar Rahman ayat 68. 

“Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit , lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, menguraI tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda tanda (kekuasaan Allah ) bagi orang-orang yang beriman.” (Qs Al Anam ayat 99)

Tidak hanya dalam Al Quran, buah delima juga disebutkan dalam beberapa hadis ini karena buah delima merupakan buah dengan segudang manfaat.

Seperti  dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Dzabi dan ditulis oleh Ibnu Abbas “Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagiaan daripada buah delima dari surga”.

Selain itu ada salah satu hadis yang terkenal mengenai buah-buahan di surga yaitu hadis tentang buah delima.

Dari hadis yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi, Nabi Muhammad saw bersabda “Dalam surga terdapat sebuah delima yang buahnya sangat besar. Jika seseorang memakannya, maka ia akan memperoleh baju yang sangat indah dan halus.” 

Dari ayat dan hadis di atas kita bisa mengetahui bahwa buah delima pasti memiliki banyak manfaat bagi manusia, sehingga menjadi salah satu buah kegemaran Rasulullah dan merupakan buah yang akan kita temukan di surga nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: