Aktivis Yahudi Puji Al Zaytun dan Panji Gumilang Saat Jadi Tamu Kehormatan di Perayaan 1 Muharram

Aktivis Yahudi Puji Al Zaytun dan Panji Gumilang Saat Jadi Tamu Kehormatan di Perayaan 1 Muharram

Foto: Aktivis Yahudi Monique Rijkers saat berpidato di acara perayaan tahun baru 1 Muharram 1445H Ponpes Al Zaytun.-(M Aulia)-

RADARMETRO - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun dan Panji Gumilang kembali membuat gaduh masyarakat.

Belum selesai polemik penistaan agama ataupun dugaan penyebaran ajaran yang menyimpang, masyarakat kini dihebohkan dengan video perayaannya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H yang digelar di ponpes Al Zaytun, Rabu (19/7/2023).

Dalam video yang telah tayang di kanal YouTube resmi Al Zaytun Official dengan judul 'Peringatan 1 Syuro 1445 H di Al Zaytun' terlihat seorang aktivis Yahudi dan Israel tampil sebagai tamu kehormatan.

Monique Rijkers, seorang warga negara Indonesia yanng merupakan aktivis pro Israel dan Yahudi hadir sebagi tamu kehormatan dan didapuk untuk memberikan pidato sambutan di perayaan salah satu hari besar umat Islam tersebut.

“Sambutan dari wartawati senior, aktivis keberagaman, khususnya Yahudi, Ibu Monique Rijkers, kepadanya dipersilakan,” kata pembawa acara, seperti yang dikutip dari kanal YouTube Al-Zaytun Official, Kamis (20/7/2023).

BACA JUGA:36 Pengacara Siap Bela Anwar Abbas Hadapi Gugatan Panji Gumilang

Monique Rijkers membuka pidato sambutannya dengan mengucapkan terimakasih telah diundang sebagai tamu kehormatan serta telah diizinkan untuk mengenakan baju bergambar Bintang Daud yang merupakan simbol agama Yahudi dan bendera Israel.

"Salam damai buat Syech Panji Gumilang, dan seluruh keluarga besar Al Zaytun. Terima kasih telah mengundang saya di sini. Terima kasih telah membolehkan saya memakai baju Bintang Daud," ucap Monique membuka pidatonya.

Dalam pidatonya Monique Rijkers tak henti memberikan pujian kepada pimpinan ponpes Al Zaytun Panji Gumilang  yang dinilainya merupakan sosok yang menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman.

Monique juga mengatakan sosok seperti Panji Gumilang merupakan sosok yang bisa membawa perdamaian.

Dalam pidatonya aktivis Yahudi kelahiran Makassar itu juga mengutarakan harapannya kedepan akan ada tokoh-tokoh yang juga menjunjung toleransi seperti sosok Panji Gumilang bisa masuk kedalam jajaran pemerintahan.

"Dan saya berharap ada calon Presiden dari Al Zaytun, Menteri-Menteri dari Al Zaytun," kata Monique.

BACA JUGA:Setelah Dua Kali Dilaporkan, Panji Gumilang Akan Diperiksa Polri

Selebihnya dalam pidatonya Monique meminta ponpes serta sekolah keagamaan lain termasuk sekolah-sekolah Kristen dapat mencontoh apa yang diterapkan Panji Gumilang di Al Zaytun dengan mengajarkan toleransi dan perdamaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: