Jelang Pilkada Serentak, ASN Kota Metro Diminta Jaga Netralitas!

Jelang Pilkada Serentak, ASN Kota Metro Diminta Jaga Netralitas!

Foto : Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo saat dikonfirmasi awak media.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro Bangkit Haryo Utomo mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Metro untuk menjaga netralitas.

Ini dilakukan mengingat tahapan  Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak pada November 2024 telah mulai dilaksanakan.

Demikian disampaikan Bangkit usai mengikuti Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokorpimda) Kota Metro pada Senin 27 Mei 2024 lalu.

Ia mengatakan, selain menjaga netralisme, ASN Kota Metro nantinya akan dibekali dengan Surat Perintah Tugas (SPT) ketika melaksanakan tugas dalam proses kampanye Pilkada.

"Tadi saya sampaikan juga untuk netralitas ASN. Dan saya sebagai Sekda akan memberikan surat perintah tugas manakala camat, lurah dan OPD pada saat ada kampanye dia bertugas," terangnya.

BACA JUGA:Resmikan Yayasan Rehabilitasi Sosial Narkoba, Wahdi Ajak Peran Swasta Jaga dan Lindungi Generasi Bangsa!

Menurutnya, SPT tersebut akan diberikan kepada ASN ketika tengah melaksanakan tugas pengawasan dan pembinaan pada proses kampanye calon kepala daerah (Cakada).

"Saat bertugas untuk pengawasan dan pembinaan, nanti akan dibekali dengan SPT. Itu untuk melindungi para ASN," ungkapnya.

Diakuinya bahwa dalam proses  Pilkada, KPU dan Bawaslu telah siap melaksanakan tahapan. Namun yang menjadi catatan penting yakni menjaga Kota Metro tetap aman terkendali tanpa adanya kendala-kendala di lapangan.

"Mudah-mudahan di tanggal 27 November kita siap melaksanakan Pilkada," tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Bangkit mengemukakan bahwa dalam Rapat Fokorpimda tersebut ada beberapa pembahasan. Ini terutama terkait dengan persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:Kades Karyanto Apresiasi Program Mama Muda Pilu Gagasan Puskesmas Hadi Mulyo

"Pertama persiapan menghadapi Hari Raya Idul Adha. Mengenai kesiapan hari Raya Idul Adha, sudah disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian tentang kesiapan tim untuk turun ke lapangan," jelasnya.

Menurutnya, Dinas Pertanian telah melantik melantik Juru Sembelih Halal (Juleha). Di mana jumlahnya ada sebanyak 70 orang sudah dilatih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: